Kamis, 31 Oktober 2013

MUSIK MY LIFE

Pentingnya Musik Bagi Kaum Pelajar


            Musik, hampir semua orang menyukai musik. Entah itu hanya sekedar mendengarkan atau berkarya dengan menciptakan sebuah lirik lagu yang diiringi dengan berbagai macam alat musik sebagai pengiringnya.
Pada hakikatnya musik adalah bagian dari seni yang menggunakan bunyi sebagai media penciptaannya. Bagi para siswa yang  biasa sering merasa depresi karena masalah yang melanda, mendengarkan musik ini bisa menjadi obat untuk menenangkan diri. Di saat seseorang mendengarkan alunan musik maka musik itu bisa menenangkan pikiran orang yang sedang mengalami depresi. Ini bekerja seperti pil antidepresi tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu ada beberapa manfaat lain mendengarkan musik. Pertama, musik bisa menjadi penghalau rasa cemas. Rasa cemas itu sendiri terkait dengan tugas yang mungkin memiliki hasil negatif. Hal itu menyebabkan kecemasan, kegelisahan dan ketakutan bagi para siswa. Musik menginduksi tidur nyenyak dan menjaga pikiran siswa agar tetap tenang.
            Kedua, musik bisa membantu berfikir lebih baik. Kemampuan belajar dan berfikir seorang siwa dipengaruhi oleh stres. Musik bertindak sebagai penghalaunya dan dapat membantu belajar siswa. Tidak hanya itu musik juga bisa membantu siswa untuk berfikir lebih baik.  Musik juga bisa membantu siswa dalam menganalisa, bekerja lebih cepat dan juga efisien.
            Ketiga, musik bisa bertindak sebagai motivator. Musik dapat membantu dalam mengembangkan sikap positif. Kemudian musik juga bisa bertindak sebagai motivator yang bisa memotivasi para siswa. Selain itu musik dapat meningkatkan kepercayaan bagi siswa. Musik dapat meningkatkan kemampuan belajar para siswa, yang membantu dalam efisiensi berkembang dalam mengerkan tugas sekolah.
            Keempat, musik dapat merangsang sel-sel otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dengan beat yang kuat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi sinkron. Kemudian musik dengan beat yang kuat itu menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan membawa konsentrasi berpikir lebih tajam serta lebih waspada. Di sisi lain, mendengarkan musik klasik menenangkan dan meningkatkan kemampuan untuk fokus untuk waktu lebih lama dan mempromosikan keadaan tenang seperti meditasi. Ini membawa rasa kesejahteraan dan kreativitas, perubahan berlangsung lebih lama setelah musik berhenti bermain.
            Kelima, mendengarkan musik dapat meningkatkan optimisme. Siswa sering mengalami depresi, entah itu depresi ringan atau berat. Depresi ini menyebabkan siswa merasa lemah, kebingungan sakit kepala dan kehilangan konsentrasi. Obat yang paling mudah dan tanpa efek samping adalah musik. Musik dapat digunakan untuk keadaan berpikir positif, membantu menjaga depresi. Musik yang baik juga untuk mengingat memori bahagia atau hari yang baik. Hal ini juga meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri para siswa.
            Melihat manfaat dari mendengarkan musik itu, alahkah baiknya jika di sekolah mengadakan extrakulikuler yang berkaitan dengan musik, seperti band, karawitan, rebana, dll. Dengan adanya extrakulikuler bermusik akan meningkatkan kreatifitas siswa. Tidak hanya mendengarkan saja tapi siswa bertindak sebagai pemain. Seorang pemain pastinya akan berfikir bagaimana caranya bermain musik dengan baik. Setelah siswa mampu memainkan musik dengan baik pastinya siswa memiliki keinginan untuk menyampaikan isi hati atau fikirannya lewat sebuah lagu. Di sinilah daya kreatifitas anak di uji. Karena tidak hanya bermain saja namun siswa juga berfikir bagaimana cara memadukan syair atau lirik lagunya dengan musik yang dimainkan.
            Mencurahkan isi hati atau fikiran lewat tulisan itu tidaklah mudah, apalagi memadukannya dengan musik. Tapi semua ini bisa menjadi mudah jika siswa banyak berlatih. Tidak hanya berlatih bermain musik tapi juga berlatih membuat lirik lagu yang indah dan bisa menyatu dengan musiknya. Tentu saja di sini ada peran guru sangat dibutuhkan. Guru diharap dapat membantu siswa dalam belajar bermusik. Karena bagaimanapun guru itu adalah pembimbing dan pengajar bagi siswa untuk membuat siswa menjadi siswa yang baik dan memiliki kreatifitas tinggi.
            Belajar bermusik ini tidak hanya sekedar sebagai penghibur diri saja, tapi akan sangat bermanfaat sekali bagi siswa. Jika memang siswa ini memiliki kreatifitas dan kemampuan yang baik bukan tidak mungkin jika dia akan menjadi pemain musik yang terkenal dan pasti menghasilkan uang. Kita bisa melihat penyanyi atau grub yang sering tampil di layar televisi. Tidak hanya yang sudah dewasa tapi anak-anak yang masih berstatus sebagai pelajarpun bisa menjadi terkenal. Contohnya adalah Coboy Junior, Super Seven, Lucky laki, dll. Mereka semua masih berstatus sebagai pelajar tapi mereka bisa mencari uang jajan sendiri dari menjual bakat bermusiknya itu. Tidak hanya untuk diri mereka sendiri tapi justru uang yang didapat malah bisa membantu ekonomi orang tua dan untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan kita.


Penulis :
Nika Lutfiana Shofa
    KELAS XI IPA 1 MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN DEMAK

Arsip Blog